Tips Ringan Mendeteksi Virus Via Flashdisk

Flashdisk - Image by Mendho - http://m3ndho.blogspot.com

Yup.. berhubung dah lama gak ngisi postingan, karena minggu-minggu kemaren disibukkan manggung and perform dengan 2 band, maklum tukang nge'band di 2 band yang berbeda, jadinya blognya sampe gak ke'urus.. haha..

Nah.. kali ini Si Mbek akan ngasih tips ringan dulu aja, yaitu seputar deteksi virus via flashdisk. Mungkin tips ini dah jadul alias dah agak lama dan mungkin dah basi.. hehe.. Tapi tips ini memang manjur untuk deteksi virus, apalagi untuk deteksi virus-virus lokal, dijamin manjur deh..

Tau kan kalo flashdisk tuh adalah salah satu media penyebaran yang dilakukan oleh virus agar virus tersebut dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya. ..’kok kamu tau Mbek’.. hehe.. kan dulu juga pernah buat, jadi tau donk kalo salah satu media yang paling banyak digunakan oleh para VM (Virus Maker) tuh banyak yang memakai media pertukaran data aka flashdisk dan membuat file autorun.inf atau desktop.ini dan folder.htt sebagai pemicu agar virus langsung dapat aktif.

Otre.. gini tipsnya.. Misalkan komputer atau laptop yang masih sehat atau belum terinfeksi oleh virus, jika flashdisk ditancapkan ke komputer pasti gambar iconnya masih standar atau jika kita membuat sendiri iconnya pasti kita tau donk gambarnya. Contohnya seperti gambar berikut ini.

Gambar icon flashdisk buatan sendiri - Image by Mendho - http://m3ndho.blogspot.com

Nah.. gambar diatas adalah gambar icon drive / flashdisk yang masih normal dan menandakan bahwa komputer masih sehat atau belum terinfeksi oleh virus.

Trus.. kalo komputer yang sudah terinfeksi oleh virus dan virus tersebut menggunakan media penyebarannya melalui flashdisk sekaligus membuat file autorun.inf, sudah pasti gambar icon drive / flashdisk akan berubah. Misalnya jika terinfeksi virus yang menggunakan gambar icon Folder maka gambar icon drive / flashdisk yang semula normal maka akan berubah seperti ini.


Gambar icon flashdisk yang sudah terinfeksi virus - Image by Mendho - http://m3ndho.blogspot.com
Nah.. jika komputer sudah terinfeksi oleh virus dan virus tersebut menyebar melalui flashdisk dan membuat file autorun.inf, maka gambar iconnya akan seperti gambar diatas. Salah satu contohnya adalah virus Win32/Conficker. Jika sudah terinfeksi virus ini, maka setiap kali flashdisk ditancapkan ke komputer akan berubah iconnya seperti gambar icon folder diatas.

Ada cara lain lagi untuk mendeteksi virus via flashdisk selain dengan melihat perubahan yang terjadi pada gambar icon drive / flashdisk, yaitu dengan melihat lampu kecil yang terdapat pada flashdisk. Jika pertama kali ditancapkan dan setiap kali kita mengakses flashdisk (klik file/folder, copy file, delete file, dll..), maka lampu kecil tersebut akan kelap kelip seperti bintang dilangit,, haha.. Ya.. pokoknya seperti itu..

Nah.. jika flashdisk tersebut sedang tidak kita akses tapi lampu kecil tersebut kelap kelip, kemungkinan flashdisk tersebut sedang diakses oleh virus. Maksudnya begini, jika kita mengkopi file ke flashdisk maka lampu kecil tersebut kan akan kelap kelip, nah begitu juga dengan virus, jika virus tersebut mengkopikan file duplikatnya ke flashdisk maka yang terjadi adalah lampu kecil tersebut akan kelap kelip sendiri. Kalo tidak percaya silahkan coba saja,, hehe.. Apalagi jika virus yang mengkopikan dirinya ke flashdisk secara berulang-ulang, sudah pasti lampu kecil tersebut akan kelap kelip terus menerus dan menandakan bahwa virus tersebut sudah masuk ke flashdisk.

Ada lagi nih.. Jika lampu kecil tersebut kelap kelip terus menerus, coba flashdisk tersebut di Eject / Safety Remove Hardware, jika muncul pesan seperti di bawah ini berarti menandakan bahwa flashdisk tersebut sedang diakses.

Pesan Problem Ejecting USB - Image by Mendho - http://m3ndho.blogspot.com
Contohnya begini, coba putar file mp3 yang ada di flashdisk kemudian flashdisk tersebut di Eject / Safety Remove Hardware, pasti akan muncul pesan seperti gambar diatas.

Nah.. kalo hubungannya dengan virus begini, jika kita tidak mengakses flashdisk sama sekali tetapi lampu kecil flashdisk kelap kelip atau jika di Eject / Safety Remove Hardware muncul pesan seperti diatas, kemungkinan flashdisk sedang diakses oleh virus. Coba langsung copot aja flashdisknya kemudian ditancapkan lagi trus tunggu beberapa detik ± sekitar 30 detiklah. Trus di Eject / Safety Remove Hardware, jika masih tetap muncul seperti pesan diatas berarti kemungkinan besar komputer sudah terinfeksi oleh virus. Nah.. coba scan dengan tools maupun antivirus.

Otre.. gitu aja tips ringan mendeteksi virus via flashdisk, dan itu salah satu cara MeNDHo kalo disuruh ngecek komputer apakah ada virusnya atau nggak selain menggunakan tools Norman Malware Cleaner. Dan jangan lupa, jika memakai antivirus jangan lupa di update terus antivirusnya biar bisa mendeteksi virus-virus keluaran terbaru. Semoga tips ringan ini dapat bermanfaat..


Bookmark and Share

Artikel Terkait Lainnya



8 Komentar:

blog buat bisnis mengatakan...

Pertamaxxx......(niru2 mode on)

Ohh ternyata bisa toh, deteksi virus pake flashdisk, wah info manteb nih Gan.....di coba deh

Dev mengatakan...

Nice..tapi ada satu tips lagi nih dari saya..kalo begitu flashdisk di colokin ke komputer dan icon tidak keluar, maka flashdisk kamu bisa dikatakan rusak.ahahaha..

MeNDHo mengatakan...

© Blog Buat Bisnis • sipp Mas.. silahkan d'coba.. tapi virus'nya juga d'coba Mas.. biar kelliatan efek'nya kalo flashdisk'nya d'tancepin.. hehe..
o(^_^)o

© Dev (KBM) • wah.. iya bener tuh Mas.. brarti kalo dah gitu tips selanjutnya adalah ganti flashdisk baru.. haha.. o(^_^)o

Nugraha mengatakan...

Wah.. mantap dah infonya. Kirain, gambar yg di Drive G itu virus he..he.. :D

MeNDHo mengatakan...

© Nugraha • gambar yg di Drive G tu bukan virus Mas, tapi mbahnya virus.. haha.. o(^_^)o

Anonim mengatakan...

mbeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkkkkkkkk...........................................bisa g klo virus dibuat yang baex!mbantu user misalnya!!!

Ayu Tri mengatakan...

wah iya ni suka ga bia di eject FDnya berarti lagi diserang virus ya???...
:(

tq ya atas infonya

MeNDHo mengatakan...

Ya.. mungkin jg bs d'serang virus atau mungkin jg FD'ny lg d'akses (misalnya: mbak'ny buka dokumen word lgsung dr FD trus FD'ny d'eject tnpa menutup aplikasi word'ny)..
Klo FD'ny lg gak d'akses trus gak bs d'eject nah brarti kemungkinan ad virus'nya d'komputer yg lg ngakses FD'ny.. :)

Posting Komentar

Matur nuwun nggeh sampun koment.. !!