Tips SMS Menggunakan Yahoo! Messenger

SMS Menggunakan Yahoo Messenger - Image by Mendho - http://m3ndho.blogspot.comYupp.. Pada postingan kali ini masih seputar YM aka Yahoo! Messenger. Kalau pada artikel sebelumnya mengenai Tips Download Yahoo! Messenger, tapi pada artikel kali ini mengenai Tips SMS Menggunakan Yahoo! Messenger alias pake YM.

Yahoo! Messenger selain berfungsi sebagai media chatting, ternyata juga bisa berfungsi untuk mengirimkan SMS melalui fasilitas yang dimiliki oleh YM. Untuk mengirimkan sms tidak dikenakan biaya alias gratis tanpa perlu membayar biaya pengiriman per sms seperti kita melakukan sms melalui HP atau Telepon Seluler. Tetapi tidak juga gratis 100%, haha.. karena untuk menggunakan Yahoo! Messenger kita butuh biaya untuk melakukan koneksi internet. Hi..hi.. sama aja ya. Sama-sama bayar juga akhirnya.

Tetapi ini sangat bermanfaat, apabila kita sedang berada di Warnet ataupun di rumah ketika kita sedang terhubung dengan internet, karena kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengirimkan SMS. Apalagi kalo kita lagi kepepet gak punya pulsa untuk membalas SMS dari teman kita yang isi smsnya mengharuskan kita untuk membalas sms tersebut. Nahh.. akhirnya jadi berguna juga kan tuh si YM.

Otre.. langsung aja, jalankan program YM, klo MeNDHo pake Yahoo Messenger 9.0 yang versi bahasa Indonesia. Klo di komputer yang sedang anda pakai belum terinstall YM. Silahkan download terlebih dahulu, nih linknya tinggal klik aja:

Download Yahoo! Messenger 9.0 (English)
Download Yahoo! Messenger 9.0 (Bahasa Indonesia)

Jika sudah download dan di install, silahkan jalankan program YM-nya, kemudian Sign In memakai ID Yahoo! Anda.

O.. iya berhubung Si Mbek memakai YM versi bahasa Indonesia, jadi contoh tampilan gambarnya pake YM versi Indonesia. Sebenarnya sama saja, cuma beda bahasa dan tulisannya saja.

OK.. Lanjut.. Setelah Sign In, kemudian klik Menu Tindakan, seperti gambar berikut.

Menu Tindakan - Image by Mendho
Setelah itu akan muncul banyak pilihan menu, kemudian pilih menu Kirim Pesan SMS…

Menu Kirim Pesan SMS - Image by Mendho
Maka akan muncul kotak dialog, kemudian pilih menu Kontak Lainnya, seperti gambar berikut.

Menu Kontak Lainnya - Image by Mendho
Setelah itu, ketikkan nomor ponsel yang ingin kita kirimi pesan SMS. Untuk format nomor ponsel harus menggunakan kode +62.. Contohnya +62856123456789, lalu klik OK. Maka akan muncul kotak untuk menuliskan pesan SMS.

Kotak_Chatting - Image by Mendho
Ingat, jika dalam kotak tersebut muncul pesan seperti berikut ini.

+62856…. Akan menerima pesan Anda di ponsel…

Itu berarti kita bisa mengirim pesan SMS. Jika mendapatkan pesan seperti dibawah ini, maka kita tidak bisa mengirimkan SMS.

Yahoo! Messenger tidak dapat mengirim pesan SMS ke nomor ponsel ini..

Setelah selesai menuliskan pesan, kemudian pilih tombol Kirim atau tekan saja Enter. Maka pesan akan dikirimkan ke nomor ponsel tujuan. Coba saja dulu ke nomor ponsel kita, kalo berhasil baru kirim ke nomor ponsel yang kita tuju.

O.. iya nomor ponsel yang dituju, misalnya nomor ponsel teman kita, nah.. teman kita itu harus membalas pesan yang kita kirim ke nomor YM, minimal satu kali saja agar kita bisa mengirim pesan SMS lagi. Karena kita hanya dibatasi kalo gak salah tuh 3 kali pengiriman SMS oleh YM. Makanya kita harus menyuruh teman kita membalasnya ke nomor YM cukup sekali saja. Setelah itu bebas, teman kita mau membalasnya ke nomor YM atau ke nomor ponsel kita.

Itulah sedikit tips jika kita ingin mengirimkan SMS menggunakan YM aka Yahoo! Messenger. Lumayan bermanfaat bagi yang gak punya pulsa seperti Si Mbek ini.

OK.. semoga tips ini bermanfaat. Selamat mencoba !!


Bookmark and Share

Artikel Terkait Lainnya



5 Komentar:

MeNDHo mengatakan...

Sebelumnya MeNDHo ucapkan terima kasih kepada Kombes.Com yang udah mampir dan memberikan info tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini. Saya sudah submit/publish blog saya di Kombes.Com Bookmarking. Hehe.. Semoga blog MeNDHo bisa lebih populer lagi.. Hihi.. o(^_^)o

Untuk review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking, nanti akan MeNDHo buat reviewnya pada postingan berikutnya di blog ini.

Terima kasih dan sukses buat Kombes.Com

Ayu Tri mengatakan...

tapi tarif pulsa SMS yang harus dibayarkan untuk membalas ke no YM lebih mahal dari tarif pulsa biasanya.......

MeNDHo mengatakan...

Hehe.. iya mbak.. emang mahal, klo nggak salah tuh sktar Rp.500/sms.. tp bls sms ke no. YM'ny cukup skali aj biar nggak tekor.. :) soal'nya klo gak gitu kita d'batesin klo sms pake YM.
Nah.. klo udah skali bales ke no YM, baru dah bls sms'nya ke no.HP..

Anonim mengatakan...

Mas, lam kenal..

Setelah si penerima pesan via YM kita itu membalas pesan melalui nomor YM kita, apakah setelah itu tidak ada limit lagi utk mengirim SMS via YM ke nomor HP yg sama?

mkasih..

BeDa mengatakan...

Terima kasih tutorialnya. Lengkap dan jelas.
O ya, ada 1 pertanyaan. Dulu tidak sempat membalas ke YM, sms dari YM yang minta dibalas sudah dihapus. Jadinya sekarang tidak bisa menerima SMS dari YM teman. Kalau saya ingin membalas ke YM sms nya dikirim ke nomor berapa ya?

Terima kasih. Salam ukhuwah

Posting Komentar

Matur nuwun nggeh sampun koment.. !!