Menguji Dan Mengukur Kecepatan Koneksi Internet Kita Dengan Speedtest.net

speedtest.net_speedometer - Image by Mendho - http://m3ndho.blogspot.com"Speedtest.net is a broadband speed analysis tool that allows anyone to test their Internet connection. Ookla provides this service for free to anyone curious about the performance of their connection to and from hundreds of locations around the world. Whether you test just for fun or you really need to certify and validate the true speed of your Internet connectivity, Speedtest.net is the place to be. You can view all of your historical results, share them easily, and even compare them to others in your immediate area or around the globe". (Speedtest.net)

Speedtest.net ini adalah sebuah situs penyedia layanan online untuk mengukur / menguji kecepatan koneksi internet, didirikan oleh Ookla Net Metrik pada tahun 2006. Misalnya jika kita ingin mengukur dan mengetahui berapa kecepatan koneksi internet yang kita akses, kita dapat menggunakan Speedtest.net.

Caranya kita hanya perlu memilih satu server yang digunakan untuk mengetesnya, berupa gambar piramid-2 kecil. Kalo di Indonesia ada 4 pilihan server, Palembang, Jakarta, Semarang dan Surabaya. Biasanya setelah kita sudah masuk ke situsnya, Speedtest.net sudah langsung merecomendasikan satu server yang digunakan untuk pengetesan, kemudian kita tinggal klik gambar piramida tersebut.
Recomended_Server_Test_Location - Image by Mendho - http://m3ndho.blogspot.com
Speedtest.net ini melakukan 3 pengukuran / pengujian yang digunakan untuk menentukan kualitas dan performa dari koneksi internet kita, yaitu:
• Download Speed / Kecepatan download
Kecepatan data yang dikirim dari internet ke komputer

• Upload Speed / Kecepatan upload
Kecepatan data yang dikirimkan dari komputer ke Internet

• Ping (Latency)
Waktu yang dibutuhkan dalam milliseconds / milidetik untuk sebagian kecil data yang akan dikirimkan dari komputer ke Internet dan kembali lagi ke komputer.

Dengan menggunakan situs penyedia layanan online seperti Speedtest.net, kita dapat mengukur / menguji dan mengetahui berapa kecepatan koneksi internet yang kita akses.


Bookmark and Share

Artikel Terkait Lainnya



0 Komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun nggeh sampun koment.. !!