Virus Tuh Apa Ya..!!

Ngomong-2 soal virus, yang pasti bukan virus yang terdapat pada tubuh manusia melainkan virus yang terdapat pada komputer. Banyak mitos di balik virus komputer dan banyak sekali definisi yang menjelaskan tentang virus, serta apa dan bagaimana virus tersebut, diantaranya:

A program that can infect other programs by modifying them to include a slighty altered copy of itself. A virus can spread throughout a computer sistem or network using the authorization of every user using it to infect their programs. Every programs that gets infected can also act as a virus that infection grows’. (Fred Cohen)

Virus adalah program yang dibuat oleh seorang programmer dan bersifat merusak. Virus menginfeksi file dengan ekstensi file tertentu, .exe, .com, .txt, .jpg, dan lain sebagainya’. (Virologi.info)

Virus komputer adalah sebuah program kecil yang bisa menggandakan dirinya sendiri dalam media penyimpanan suatu komputer’. (himakomedia.wordpress.com)

Virus adalah program software yang mampu mereproduksi dirinya sendiri dan biasanya mampu menyebabkan kerusakan pada file atau program lain pada komputer yang sama. Virus yang sebenarnya tidak dapat menyebar ke komputer lain tanpa campur tangan manusia’. (yudhieakaburet.wordpress.com)

dan masih banyak lagi yang lainnya… (cukup itu saja, nanti kalo kebanyakan definisi malah tambah bingung..)

Virus komputer baik secara langsung maupun tidak langsung, juga mampu menginfeksi, mengkopi maupun menyebarkan program file yang bisa dieksekusi maupun program yang ada dalam sebuah media penyimpanan (Hardisk, Disket, Flashdisk, CD-Room).

Virus yang terdapat pada komputer hanyalah berupa program biasa, sebagaimana layaknya program-program lain. Tetapi terdapat perbedaan yang sangat mendasar pada virus komputer dan program lainnya. Virus dibuat oleh seseorang dengan tujuan yang bermacam-macam, tetapi umumnya para pembuat virus hanyalah ingin mengejar popularitas dan juga hanya demi kesenangan semata. (www.cert.or.id)

Wah..ternyata banyak sekali definisi-2 / pengertian-2 tentang virus. Tapi dari banyaknya definisi / pengertian tentang virus, dapat disimpulkan bahwa ‘Virus adalah sebuah program yang mampu menggandakan dirinya sendiri dalam media penyimpanan dan bersifat merusak’. Virus bukanlah sesuatu yang terjadi karena kecelakaan ataupun kelemahan perangkat komputer karena pada hakikatnya, semua virus merupakan hasil rancangan intelegensi manusia setelah melalui beberapa percobaan terlebih dahulu layaknya eksperimen-eksperimen ilmiah didalam bidang-bidang lainnya.


Bookmark and Share

Artikel Terkait Lainnya



1 Komentar:

Anonim mengatakan...

Wah...tuch gambanrnya kenapa ya....

Posting Komentar

Matur nuwun nggeh sampun koment.. !!