Label Barcode, Pantau Melalui Website dan SMS Optimalkan SIAK

Pemerintah Kota Batam terus melanjutkan implementasi teknologi yang mampu menyempurnakan pelaksanaan data kependudukan berbasis SIAK Teknologi yang bersifat komplemen terhadap pendataan kependudukan yang berbasis TI, SIAK. Agar kecanggihan tidak hanya pada sistem tetapi juga canggih dalam pelayanan, ada kemudahan, keluwesan, dan keterbukaan yang membuat sistem berfungsi secara presesi sebagaimana sistem itu didesain. Untuk itu Pemkot Batam menyediakan sarana teknologi yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memonitor proses KTP seperti melalui website dan SMS yang dilakukan melalui kerjasama dengan sejumlah operator.

Ekstensifikasi pelayanan penunjang SIAK akan ditandai dengan launching sistem informasi pengecekan status KTP/KK SIAK melalui internet di www.humasbatam.com pada 20 Januari untuk memperbaiki pelayanan paling mendasar melaui TI sehingga masyarakat dapat mengetahui sejauh mana proses pembuatan KTP/KK SIAK.

Elemen layanan lainnya yang berbasis teknologi untuk menunjang suksesnya SIAK adalah perluasan layanan informasi sejenis yang disediakan di-website, melalui SMS di 12 kantor camat. Merupakan kerjasama yang sedang dipercepat untuk dilaksanakan oleh pihak pemerintah kota dengan melakukan pembicaraan dengan beberapa perusahaan penyedia jasa operator telepon selular.

Wakil Walikota Batam, Ir. Ria Saptarika, sebagaimana kabar www.humasbatam.com menyatakan, ”Mudah-mudahan program SMS tersebut, Maret mendatang sudah bisa jalan,” ungkap Wakil Walikota Batam saat penyerahan label barcode untuk formulir permohonan pembuatan KTP/KK Siak di kecamatan, Kamis (15/1) di Hotel Vista.

Label barcode akan ditempelkan pada formulir KK/KTP Siak pemohon dengan kode tertentu yang membedakan peruntukan, pada formulir KK dengan kode I dan formulir KTP dengan kode II. Wawako menyerahkan 5 ribu lembar label kepada semua camat yang hadir. ”Formulir yang tak ada label barcode, resikonya KTP/KK pemohon tidak bisa tercetak oleh operator,” ujarnya.

(Martin Simamora)
http://www.indonesia.go.id
http://jakarta.wartaegov.com


Bookmark and Share

Artikel Terkait Lainnya



0 Komentar:

Posting Komentar

Matur nuwun nggeh sampun koment.. !!